News Update :
Home » , , » 10 Ciri pemuda/pemudi Gaul

10 Ciri pemuda/pemudi Gaul

11:28

Assalamualaikum
Hai sobat pemuda-pemudi Muslim. kali ini saya ingin berbagi tentang ciri-ciri pemuda Gaul. Secara sekarang gak jaman kalo gak gaul itu menurut banyak pandangan banyak orang sih. Tapi tahukah anda bahwa pemuda gaul itu seperti apa seharusnya?

Gaul itu adalah suatu sifat yang gak gaptek dan gaul itu adalah suatu pemikiran yang maju. Artinya orang gaul lebih keren dan lebih pintar dari pada orang cufu. Itusih devinisi menurut para anak muda sekarang.

Terlepas dari benar atau salahnya devinisi tersebut. Gaul sebenarnya bukan seseorang yang suka rokok atau suka minuman keras. Bahkan gaul juga bukan sekelompok orang yang suka kekerasan dan balapan gak jelas. Karena gaul seperti itu bukan menunjukan majunya pemikiran dan cerdasnya otak seorang manusia, melainkan adalah bukti buruk dan mundurnya pemikiran seorang manusia. Saya akan membagikan 10 kriteria seorang itu dianggap maju dan modern dalam segala hal
1.Salimul Aqidah (Aqidah yang Selamat)
Aqidah yang selamat (Aqidah yang bersih) merupakan suatu yang harus ada ketika ingin mejadi pemuda/i yang gaul. Dengan Aqidah yang bersih maka seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat terhadap Allah SWT dan dengan ikatan itu seorang pemuda/i tidak akan menyimpang dna bertindah bodoh seperti melakukan kemaksiatan dan serta kerusakan di muka bumi ini.

2 Sahihul Ibadah (Ibadah yang benar)
Sahihul ibadah merupakan salah satu perintah Rasul yang penting, karena ibadah yang benarlah yang akan sampai kepada Allah dan mencapai tingkat ketakwaan yang tinggi di depan Allah SWT. Allah berfirman dalam Al-Qur'an "Innasholata tanha anil fahsya' wal munkar", (Sesungguhnya sholat itu pencegah dari perubatan keji dan mungkar). Jadi sholat yang benar akan menjauhkan dari perbuatan jahat dan perusak lingkungan. jadi anak gaul harus ada sifat seperti ini.

3. Matinul Khuluq (Akhlak yang kokoh)
Akhlak yang kokoh merupakan sikap dan prilaku yang harus dimiliki oleh pemuda/i gaul. Baik hubunganya kepada Allah maupun hubungannya dengan makhluk-makhluk ciptaan Allah. Dengan akhlak yang baik dunia dan akhirat inshaAllah akan hidup bahagia, aman dan damai.

4.Qowiyyul Jismi (Jasmani yang sehat)
Tentu kita tidak meninggalkan aspek tubuh dalam merubah diri menjadi gaul. Yaitu dengan olahraga yang rutin dan pola makan yang sehat (sesuai sunnah rasul) maka akan mendapatkan tubuh yang kuat dan juga sehat. Lebih tepatnya kegunaan dari tubuh yang kuat dan sehat adalah agar kita bisa melaksanakan sholat, puasa, zakat, haji maupun jihad fisabilillah.

5. Mutsaqqoful Fikri (Intelek dalam  berfikir)
Berfikir yang intelek itu penting agar kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Seperti kita tahu rokok itu buruk dan banyak mudoratnya dari pada manfaatnya oleh karena itu tentu kita harus menghindari rokok. Seperti halnya dahulu zaman rasul ada yang bertanya tentang khamar (Miras) dan judi. maka nabi berkata, pada keduanya itu terdapat dosa besar dan  beerapa manfaat bagi manusia,tetapi dosa keduanya leibh besar dari manfaatnya. yang di abadikan oleh Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 219.

6. Mujahadatun Linafsihi (Berjuang melawan hawa nafsu)
Mujahadatun linafsihi adalah melaksanakan kecendrungan pada yang baik dan menghindari yang buruk dan menuntut adanya kesungguhan. Kesungguhan itu akan ada manakala seseorang berjuang melawan hawa nafsu. Rasulullah SAW bersabda : "Tidak beragama seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran islam)"(H.R Hakim)

7. Harishun 'ala Waqtihi (Manajemen waktu yang baik)
Karena ini artikel contoh tentu teralu panjang pembahasannya maka bisa di pahami maksudnya ya.

8. Munazhzhamun fi Syu'unihi (Teratur dalam segala urusan)
Maksudnya adalah semua urusan sudah teragendakan. Sehingga semua kegiatan bisa diselesaikan dengan baik ketika suatu urusan  di tangani secara bersama-sama.

9. Qodirun 'alal Kasbi (Mampu berdikari)
Berdikari maksudnya adalah bisa hidup mandiri sejak dini. Bisa kita artikan mandiri dalam masalah ekonomi. Karena hubungan dengan mandiri adalah dewasa. Setelah bisa mandiri maka kita bisa berdiri kokoh mempertahankan kebenaran dan memperjuangkan kebenaran.

10. Naafi'un Lighoirihi (Bermanfaat bagi orang lain)
Tebar manfaat di muka bumi inshaAllah hidup berkah.

Maklum udah malam jadi dipersingkat penjelasannya. InshaAllah paham ya. Mulai ngantuk hehe.
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Pemuda Pemudi Muslim 2011 -2012 | Design by Febrian Iskandar | Published by Pemuda-Pemudi Muslim | Powered by Blogger.com.